Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

INFO Pendidikan

Protected by Copyscape Web Plagiarism Detector

7Tips Keamanan Email

Written By Unknown on Selasa, 16 Oktober 2012 | 10/16/2012 12:27:00 PM

7 Tips Keamanan EmailInternet Security atau keamanan internet memang merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh pengguna komputer dan internet. Namun, mungkin kamu seringkali tidak terlalu memperhatikan keamanan dengan semestinya dan menganggap serangan dan ancaman yang siap menyerang komputer tidak akan terjadi pada kamu, padahal kamu harus selalu waspada setiap saat. Email merupakan salah satu media yang sering digunakan untuk menyebarkan serangan semacam ini.
Langkah penting dalam menjaga keamanan melalui email adalah hal yang harus kamu perhatikan. JalanTikus merangkum 7 Tips Keamanan Email yang perlu kamu ketahui.

1. Gunakan Beberapa Akun Email

Seperti kebanyakan orang, kamu mungkin memiliki satu akun email yang digunakan untuk keperluan pribadi, mendaftar ke jejaring sosial, newsletter dan lain sebagainya, bahkan terkadang mungkin digunakan untuk keperluan pekerjaan. Nah, jika semua fungsi tersebut digabung ke dalam 1 buah akun email, maka tentunya email kamu akan penuh dengan berbagai pesan, notifikasi, berita dan lain sebagainya, bukan?
Singkatnya, semua aktifitas dan data yang kamu miliki berada dalam 1 buah email yang apabila pada suatu saat email kamu di-hack, maka semua data yang kamu miliki bisa hilang, atau mungkin dicuri oleh hacker dan disalahgunakan.
Selain untuk alasan keamanan, akun email yang berbeda juga dapat mempermudah kamu dan meningkatkan produktivitas ketika mengakses email. Kamu bisa menggunakan 1 akun untuk keperluan keluarga, akun yang berbeda untuk digunakan pada jejaring sosial dan email yang berbeda lagi untuk keperluan lainnya, misalnya untuk berlangganan newsletter dan lain sebagainya. Dengan begini, kamu bisa lebih mudah mengakses email mana yang kamu perlukan dan menambah keamanan data kamu dari hacker.

2. Gunakan Password Berbeda

7 Tips Keamanan Email
Menggunakan beberapa akun email berbeda, berarti kamu dapat menggunakan password yang berbeda, untuk alasan keamanan. Maka dari itu, setiap akun email yang kamu miliki disarankan untuk menggunakan password yang berbeda. Jika kamu menggunakan password yang sama untuk tiap akun, tiap login ID jejaring social dan lainnya, maka apabila seseorang berhasil mendapatkan 1 buah password, maka seluruh akun kamu juga dapat diakses. Lagipula, tujuan utama menggunakan akun yang berbeda adalah untuk alasan keamanan bukan?
Apabila kamu memiliki akun email dan ID yang cukup banyak, ada baiknya kamu menggunakan software Password Manager untuk mempermudah kamu menyimpan data ID dan password yang kamu miliki, sehingga kamu hanya perlu mengingat 1 buah password saja, yaitu password untuk mengakses software Password Manager kamu, salah satunya KeePass yang bisa kamu download secara gratis.
Download KeePass disini.

3. Waspadai Scam/ Phising

Saat mengunjungi suatu website yang meminta informasi pribadi kamu, mungkin kamu pernah menemui pesan peringatan seperti berikut : “Never give away your personal information. We will never ask you for your password”. Maka, jika ada email yang meminta data/ informasi pribadi kamu, hal ini merupakan semacam penipuan.
Akan tetapi, ada cara lain yang digunakan para penipu ini untuk mendapatkan informasi pribadi kamu, hal ini disebut “phising”. Pada dasarnya, para penipu semacam ini akan menyamar sebagai website

Free | Gratis | Kalau Mau tinggal Download | Terima kasih ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

No Spam , Sara , Cakap Kotor
Gunakan Bahasa Yang Baik .. !!!
Thanx

Download video clip Nidji Jangan Lupakan
 
berita unik